Rabu, 07 Januari 2009

Say, Kamu Masih Hidup?

Jam sembilan malam aku masih sibuk dengan laptopku di rumah pribadiku, membuat rancangan bangunan irigasi. Sudah sekitar satu jam mataku terpaku hingga cahaya ponselku yang deringnya aku matikan mengembalikanku ke dunia nyata. ‘3 New Messages’ tampak pada layar. Aku tidak menyadari sudah tiga pesan menungguku.
Ketiga pesan itu berasal dari nomor yang aku beri nick name ‘MyLuv’. Dia adalah kekasihku yang sangat cantik yang begitu mudah aku dapatkan. Itu karena ia perempuan yang aneh, yang setelah lima menit kenalan langsung mengajak makan siang. Mungkin juga aku terlalu hebat dalam mendekati perempuan. Lalu ia menyadari kebiasaan buruknya itu keluar, tapi aku langsung mengiyakan sebelum ia berubah pikiran.
Memang begitu mudah. Ia hanyalah mantan pramugari yang yang sulit menjalin hubungan karena terlalu sering terbang keliling dunia melintasi perbedaan waktu yang mengganggu jam tidurnya. Aku pun kencan dengannya ketika ia masih bekerja. Meski terlalu mudah aku mendapatkannya, aku tidak begitu saja melepaskannya. Aku menemukan sesuatu dalam dirinya yang mengindikasikan bahwa ia memang ada hanya untukku.
By the way, dari tiga pesan yang baru aku sadari ada itu yang paling pertama berisi ‘Say,kmu lg ngap ni?bls y’, sebuah pesan yang pasti dikirimnya ketika ia ingat kepadaku atau ketika ia sedang bosan. Tapi aku tidak pernah bosan selama ia menempatkan kata ’Say’ di awal.
Pesan kedua berisi ‘Say,kmu msh hdup kn?kq ga dbls?’ yang juga selalu dikirimnya ketika dalam waktu 10 menit SMS sebelumnya belum dibalas.
Pesan ketiga berisi ‘Say,aq makin khwtr ni.Ksh kbr dunk klo kmu msh hdup’ yang jarang aku lihat karena biasanya langsung aku balas keika SMS kedua datang.
Bukan membalasnya tapi aku justru menelponnya.
“Tom!” serunya. Padahal aku menelponya untuk mendengar suara merdunya sembari aku istirahat dari pekerjaanku. Dan aku juga ingin menanyakan sesuatu.
“Ya, ini aku. Sorry ya aku tidak sempat membalas. Aku sibuk, dan aku tidak tahu ada SMS dari kamu.”
“Tidak apa-apa. Yang penting kamu masih hidup.” Suaranya mulai merdu, tapi aku tidak lupa apa yang ingin aku tanyakan meski aku sedang menikmati suara merdunya.
“Say, aku boleh nanya sesuatu?”
“Tanya apa?”
“Kenapa kamu selalu bertanya ‘Say, kamu masih hidup’ ketika aku belum membalas SMS kamu?”
“Apakah salah kalau aku bertanya seperti itu? Aku hanya khawatir.”
Jawabannya tidak memuaskanku.
“Jadi, kamu sedang apa nih?”
“Aku sedang menyelesaikan rancangan bangunan irigasi yang baru. Pasti kamu ngga akan mengerti.”
Dan pembicaraan kami berlanjut hingga ia merasa lelah dan mulai mengantuk dan aku bisa menyelesaikan rancanganku hingga tengah malam. Sejak ia berhenti menjadi pramugari ia menjadi mudah tidur.
Di suatu pagi yang cerah, embun pagi terasa begitu tebal dan dingin karena semalam hujan lebat sekali. Terdengar banyak sekali kicauan burung dari atas pohon yang tinggi dan lebat di samping rumahku karena musim kawin sudah lewat dan telur-telur sudah menetas. Setiap tahun aku menikmati momen itu.
Entah kenapa aku tiba-tiba teringat Catherine. Semalam selepas pulang dari seminggu kerja di area pembangunan irigasi di antah berantah aku berkunjung ke apartemennya dan mengajaknya jalan-jalan. Ia sangat senang karena akhirnya bisa melepas rindunya.
Aku mengirim pesan yang berisi ‘Say, smlm aq bhgia bgt.Aq tahu kmu mkn syg.Klo kmu puny wktu temani aq y’. Tanpa memperdulikan apakah pesan itu terbalas atau tidak aku kembali membuka laptopku untuk bekerja lagi.
Jam sebelas siang denah plus rancangan tiga dimensi bagian irigasi yang aku kerjakan itu selesai juga. Heran, aku bisa bekerja di hari libur tanpa sedikitpun gangguan dari Catherine. Hal itu hampir tidak pernah terjadi. Aku memeriksa ponsel untuk memastikan kebenaran itu, tapi tidak ada pesan baru ataupun missed call. Apakah aku harus mengirim pesan ‘Say, kamumasih hidup?’ seperti yang biasa dilakukannya? Aku rasa tidak.
Tapi aku sungguh khawatir, seperti ketika ia menunggu SMS dariku.
Maka aku tidak mengirim pesan kedua. Aku lebih memilih menunggu balasan darinya sambil makan siang.
Kadang aku menyesal memiliki rumah yang halamannya luas dan terpencil letaknya. Aku kesulitan mencari makan siang. Tapi itu semua karena aku ingin memenuhi hasrat engineer dalam diriku. Itu pula sebabnya aku tinggal sendiri meski aku tahu restoran fast food terdekat berjarak satu setengah kilometer jauhnya.
Dengan menggunakan electric car yang sumber energinya dipasok oleh solar panel yang terinstal di atap dan kap mobil aku menjangkau makan siangku, burger isi fillet ikan dengan ekstra sayuran seperti biasanya.
“Are you Tom?” sepecah suara menyapaku. Suaranya memang bisa membuat kaca pecah. Itu adalah suara perempuan yang menjadi terbiasa berbahasa inggris akibat pekerjaannya. Itulah Anne, perempuan cerewet yang merupakan sahabat Catherine dan masih bekerja sebagai pramugari.
“Hai Anne, long time no see.”
“Six months.”
“What are you doing here?”
“Having lunch.”
“I can see that, but you don’t live around here.”
“I just want to have lunch.”
Keberadaan Anne memang sering tidak jelas apa alasannya kecuali jika ia sedang berada di luar negeri karena bertugas. Tapi kebetulan aku memang membutuhkannya. Aku langsung mengajaknya duduk semeja.
“I need to ask you something.” Aku tidak sadar menjadi ikut-ikutan ber-English ria.
“What?” tanyanya dengan mulut penuh kentang goreng dan potongan burger.
“Why does she keep asking me like this?” tanyaku sambil menunjukkan SMS berisi pesan ‘Say, kamu masih hidup?’ dari Catherine.
“Who is ‘MyLuv’? Do you have girlfriend? Congratulations! Finally, after long time, ...”
“It’s Catherine, idiot.”
“Oh, Catherine.”
Tiba-tiba wajahnya menjadi serius. Tapi entah apakah itu ekspresinya ketika bengong atau bukan. Sepertinya ia sedang mengingat hal-hal yang berhubungan dengan itu. Aku harap ia segera mendongengkannya sebelum makan siangku habis.
“Once upon a time after the flight 217, her twelfth flight, she met a handsome and busy businessman. The guy was helping her picking her fallen purse.”
“How do you know itu so detail?”
“She told me.”
Ya, seharusnya aku tidak heran. Ia memang selalu menceritakan apapun. “Keep going.”
“They talked to each other after the ‘thank you scene’. And probably five minutes later she asked for a dinner.”
Itu kebiasaannya. Bahkan ia masih melakukannya pada pria lain dan aku maklum saja.
“She had six months beautiful affair, but it wasn’t as beautiful as her nine months with you. The guy, loved to go around the world for his business, abandoning her. You know, money makes everyone so egoistic and selfish. And also she had flights. Having once a week to hug each other had made her a luckiest woman ever.”
“Then, what was going on?’
“One day, she sent a message. It wasn’t replied. She sent more, but for a whole day he didn’t reply all of her messages.”
“What was going on?”
“He had an aircrash in the morning, but his cellphone remained active for a whole day. The location of the crash was unknown. When she watched the news about it she ran to the police department and told that they could detect his cellphone signal through her cellphone. And because of her the body of the plane was found, but no one suvived.”
“So that’s why she likes to send me the message like this.”
“She doesn’t want it happens to you. The plane crashed by the failure of navigation system, and perhaps the cellphone causing it. It’s the lesson for us to turn off the cellphone when on the flight.”
“But why she hasn’t replied my message since morning. She has no flight today.”
“Look.”
Tangannya menunjuk ke televisi restoran itu yang menayangkan peringatan satu tahun kecelakaan pesawat yang tragis itu.
“The day was exact one year ago.”
“I can see that.”
Anne segera mengajakku ke pemakaman tempat Catherine mungkin berada. Jaraknya memang cukup jauh, dan dipastikan Catherine bisa di sana seharian mengingat emosinya yang labil. Aku cukup tahu tentangnya. Itulah sebabnya begitu mudah bagiku untuk membuatnya bahagia.
Pemakaman yang sangat luas dan hijau itu sangat memukau, terhias oleh banyak batu nisan yang artistik dan pohon-pohon besar.
“There she is.”
Aku segera mengerem dan mundur sedikit untuk menyembunyikan mobil ini dari pandangan Catherine. Aku tak ingin Catherine tahu aku berada di dekatnya. Alasannya ditanyakan oleh Anne tapi aku malas menjawabnya.
Lalu aku segera mengeluarkan ponselku dan menulis pesan untuknya. Isinya, ‘Say, klo kmu msh hdup ksh kbr dunk. Aq khwtr ni’. Pesan terkirim dan aku segera melihatnya dari kejauhan diam-diam untuk melihat reaksinya.
Dengan ekspresi datar ia meraih ponsel yang telah menyadarkannya entah dengan dering atau getar. Tas tangannya dibuka, ponselnya diangkat, dan ia seharusnya mulai girang jika tahu itu SMS dariku. Tapi yang aku lihat justru ekspresi terkejut. Ia juga menangis sedikit. Pasti itu bagian setelah ia membaca pesanku.
Ia langsung menghubungiku.
“Hai sayang,” sapaku.
“Hai. Sorry ya aku belum membalas. Aku sedang banyak masalah.”
“Ingin bicara?”
“He-eh.’
“Aku tunggu di rumahku.”
Catherine segera meninggalkan batu nisan itu dengan terburu-buru. Aku juga harus meninggalkan tempat itu segera sebelum ia melihatku.
“Sorry Anne, we’re end here,” kataku kepada Anne setelah sampai di persimpangan.
“You want to leave me in front of graveyard?”
“At least I don’t leave you inside. Sorry, I’m in a rush.”
Anne keluar dari mobilku sambil berkata “Thank you,” dengan nada sedikit marah.
“I got to prepare my house for the presence of Catherine.”
Aku langsung melajukan mobil elektrikku yang low noise ini. Aku masih bisa mendengar Anne berseru “Good luck,” meski sudah cukup jauh.
Begitu sampai di rumah, aku sadar aku tak tahu apa yang harus kupersiapkan. Rumahku sudah cukup rapi. Mungkin perlku diberi sedikit aroma harum agar Catherine betah. Tapi aku tahu ia betah hanya karena aku.
Catherine tiba. Aku langsung melihat senyumnya dan merasakan pelukannya segera setelah melihatku. Tapi setelah itu aku melihat dua butir air mata.
“Aku masih hidup, sayang.”
“Ya, aku tahu.”

Tidak ada komentar: